Friday, August 15, 2008

ARTI DARI SEBUAH SEMANGAT KEMERDEKAAN


Merdeka !! Merdeka !! Merdeka !!....Dulu, suara2 penuh semangat itu kerap terdengar di telinga. Kini hanya pada saat-saat tertentu saja suara-suara itu terdengar. Dulu, kata “Merdeka” menjadi motivator bagi para pejuang untuk merebut kembali tanah air ini dari tangan penjajah. Tak terhitung lagi nyawa para pahlawan yang telah mendahului kita. Tak terhitung lagi harta yang hilang demi tegaknya negeri tercinta ini.

63 Tahun sudah Indonesia merdeka. 63 tahun sudah bangsa ini merdeka sejak diproklamirkan oleh Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945 yang lalu. Kini setiap tanggal 17 bulan Agustus bangsa kita memperingati hari yang bersejarah. Hari dimana bangsa kita berikrar untuk menjadi sebuah bangsa yang lepas dari penjajahan. Bangsa yang ingin sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Di bulan Agustus, di setiap tempat penuh dengan kegiatan menyambut hari kemerdekaan. Di instansi pemerintah, perusahaan-perusahaan, kantor-kantor, hingga ke RT-RT semuanya bergembira dalam memperingati hari ulang tahun republik Indonesia ini. Nuansa merah putih terlihat dimana-mana.

Kemerdekaan yang sering kita peringati hendaknya bukan sekedar menjadi seremonial belaka. Kemerdekaan hendaknya bukan hanya sekedar pesta atau perayaan. Hendaknya kita mengambil makna dari memperingati hari kemerdekaan tersebut. Merdeka menurut Kamur Besar Bahasa Indonesia berarti berdiri sendiri, tidak terikat atau tergantung kepada pihak tertentu. Apakah sekarang semua yang kita rasakan benar-benar termasuk dalam unsur kata merdeka? Apakah kita tengah merdeka sepenuhnya?

Apa yang telah kita raih saat ini memang sudah cukup berarti. Semua itu merupakan rentetan perjalanan panjang yang berawal dari perjuangan para pejuang. Setelah melewati masa pergerakan kemerdekaan (sampai tahun 1945), masa transisi kepemimpinan (1945-1966), masa orde baru (1966-1998), dan masa reformasi (1998 hingga sekarang). Di semua bidang memang telah kita rasakan hasil-hasil dari kemerdekaan tersebut. Perjuangan melawan penjajah memang merupakan perjuangan yang cukup berat, namun lebih berat lagi perjuangan di era saat ini dalam mengisi pembangunan. Walau tak terlihat menumpahkan darah, perjuangan kita lebih sulit dari waktu kita meraih

Walaupun kadang kita sendiri belum mengerti benar merdeka bagaimana sebenarnya yang kita harapkan. kemerdekaan. Masih banyak hasil pembangunan yang dirasakan oleh rakyat belum sepenuhnya merdeka. Di bidang ekonomi misalnya. Pengelolaan aset-aset negara masih banyak yang dikelola oleh perusahaan asing. Perataan ekonomi tidak merata karena hasil-hasil kekayaan negara tidak dirasakan manfaatnya sepenuhnya untuk rakyat.

Di bidang Pendidikan, masih banyak rakyat yang belum sempat mengenyam pendidikan. Masih banyak anak-anak yang putus sekolah dan pendidikan masih mahal. Di bidang Pangan misalnya masih ada antrian panjang rakyat untuk membeli BBM, masih ada daerah-daerah yang langka akan BBM. Padahal negera kita merukapan negara yang kaya akan minyak namun kita sendiri kekurangan akan minyak.

Di bidang Hubungan Internasional misalnya ketergantungan kita terhadap kekuatan asing masih mendominasi kita. Ketergantungan kita terhadap IMF, tekanan-tekanan dari bangsa penguasa seperti Amerika masih menjadi momok dalam penentuan kebijakan ekonomi kita. Di tengah kesulitan inilah kita harus berupaya lebih giat lagi, karena memang persaingan ekonomi yang mengglobal dan semakin keta.

Masih banyak bidang-bidang lain yang bisa dikatakan belum mencapai kata merdeka sepenuhnya. Bila kita ingin maju kita harus benar-benar melepas belenggu yang ada pada kita. Mari, singsingkan lengan baju langkahkan kakimu ke depan. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan pembangunan. Jangan pernah ada kata menyerah dalam berjuang, teruskan semagat juang para pahlawan kita. Teruskan perjuangan para pendahulu kita.Mari kita tumbuhkan lagi semangat nasionalisme yang sekarang semakin pudar. Mari kita berdiri sendiri di kaki kita sendiri, jangan berpijak di kaki orang lain. Mari kita jadikan Indonesia menjadi negara yang merdeka seutuhnya. Menjadi negara besar, yang maju yang sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka !!!


No comments: