Saturday, June 28, 2008

FINAL PIALA EROPA 2008, DUKUNG MANA JERMAN ATAU SPANYOL?


Malam ini sekitar pukul 01.45 wib Senin dini hari, akan berlangsung final Piala Eropa 2008. Bagi penggemar bola, tentu merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Apalagi kalau acaranya nonton bareng wah..pasti seruman.. Pake layar lagi, pasti ga bakalan ngantuk deh!!!. Sebelum menonton kejuaran eropa yang paling seru ini bolehlah kita lihat dulu kilas balik kekuatan di kedua tim. Berikut sedikit reviewnya.

Jerman

Jerman kita ketahui merupakan tim hebat yang banyak memenangkan kejuaraan. Jerman banyak diunggulkan karena memang memiliki ketangguhan dalam permainannya. Jerman telah 3 kali menjadi juara dunia yaitu pada tahun 1954, 1974, 1990. Dalam 3 turnamen itu Jerman tampil dengan nama Jerman Barat. Disetiap kejuaran piala dunia Jerman kerap masuk ke perempat final hingga menjadi runner up. Kekuatan tim panser ini memang tidak diragukan lagi. Setelah perjuangan keras mengalahkan tim Turki di semifinal dengan skor yang tipis 3-2, Jerman semakin tangguh ke depan.

Kekuatan tim Der Panzer (julukan tim Jerman) sebenarnya teletak pada mentalnya. Mereka enggan menyerah hingga akhir pertandingan. Mereka juga dijuluki tim “Diesel” karena mereka tidak menyakinkan di babak awal, namun mereka akhirnya terus memperbaiki permainan hingga babak akhir. Secara teknis tim ini mempunyai kekuatan yang cukup merata, walaupun pemain mereka banyak pemain yang berbasis dari pemain liga local (Bundesliga).



Spanyol

Di piala Eropa memang pemain ini tidak cukup baik. Tim La Furia Roja (julukan tim spanyol) pernah menang di tahun 1964 yang berlangsung di kandang sendiri, sedangkan di tahun 1984 mereka keluar menjadi runner up.

Memang di tim spanyol banyak pemain-pemain hebat. Siapa yang tak kenal Emillio Butragueno, Jose Antonio Camacho, Pep Guardiola, Fernando Hierro, Raul Gonzales, Fernando Torez dan masih banyak lagi yang lainnya. Setelah melakukan perjalanan panjang mengalahkan Rusia 3 – 0 di semi final, Spanyol memang layak menjadi juara. Kegigihan pemain-pemain muda dan enerjik memang patut diacungkan jempol.


Kita lihat saja bagaimana kedua tim ini berlaga. Tim siapakah yang bakal menang menjadi juara, Jerman atau Spanyol? Nonton saja acaranya !!


No comments: