Wednesday, July 2, 2008

KONTROVERSI LAGU “JAUH / TINGGAL KENANGAN”


Pernah denger lagu ini? Wah kalau anda memang pernah denger pasti anda akan tersentuh dengan lagu ini tapi dengan syarat dihayati dan direnungkan lho. Kemarin di bebarapa televisi pada acara infotainment, banyak yang rebut-ribut soal kontroversi lagu ini. Lagu ini mempunyai nilai seni yang cukup tinggi. Kreasi pembuat lagu-lagu ini benar-benar fantastik. Pencipta ingin menyampaikan pesan tersendiri dari lagu ini. Dulu lagu ini aku dengar dari mp3 kiriman teman-teman lewat ponsel. Penyebaran kian marak mulai dari anak-anak sekolah hingga orang-orang umum. Lagu ini heboh setelah kematian salah seorang personel band Caramel yang bernama Ega melakukan aksi bunuh diri. Saya sendiri tidak tau sebenarnya ini lagu siapa? Siapa yang menciptakannya? Bagaimana kisah hingga terciptanya lagu ini? Dan kenapa lagu ini dipopulerkan. Bingung ga ? Atau ada yang tau? Apa iya?? 96 x? Berikut beberapa keterangan-keterangan dari informasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber.

Saling Klaim

Berbagai pihak banyak sekali pro dan kontra tentang lagu ini. Ada yang mengklaim telah menciptakan lagu ini, ada juga yang menyatakan lagu ini memang benar bukan lagu grup band mereka. Pokoknya macem-macemlah. Nah.. berikut ada beberapa versi ceritanya.

Versi 1

Ada yang bilang cewek ini bernama Ega. Ega adalah seorang vokalis Band Caramel, dia frustasi karena ditinggal boyfriend-nya. Pacarnya meninggal dalam sebuah tawuran. Karena frustasi Ega mencoba bunuh diri, dia ditemukan oleh temannya dalam keadaan sekarat, dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Saat ajal mau menjelang, Ega menyanyikan lagu ini dengan iringan gitar yang dimainkan sendiri, dan direkam oleh temannya. Setelah menyanyikan lagu ini Ega pun meninggal.

Cerita yang ini sedikit tidak masuk akal, karena di backsound lagu ini ada suara orang tepuk tangan (orang lagi sekarat koq di beri applous), dan namanya orang lagi sekarat pastinya di tangannya ada jarum infus, dan mungkin diberi oksigen, jadi mana mungkin Ega bisa main gitar sendiri, dan juga suster-suster disana pasti melarang karena bisa mengganggu pasien lain.

Versi 2

Namanya Gaby, dia anak SMU Blora di Madiun (tapi ada juga yang bilang dia anak Sidoarjo). Dia juga anak band khususnya vokal, waktu itu dia kelas 3 SMA dan mau menempuh ujian pastinya. Dia punya pacar pembalap, anaknya suka balapan motor gitu. Nah, pada waktu masa-masa ujian itu mereka jarang komunikasi karena sibuk belajar. Tanpa diketahui Gaby, ternyata pacarnya meninggal gara-gara kecelakaan. Orang tua pacarnya maupun temen-temennya nggak mau kasih tau Gaby, takut mengganggu konsen belajarnya.

Suatu saat Gaby ke rumah pacarnya bermaksud buat ketemu, trus pas di rumah pacarnya, Gaby kaget kok rame-rame, banyak orang baca Yaasin. Ibu pacarnya akhirnya kasih tau ke Gaby kalo pacarnya udah nggak ada, meninggal! Gaby shock banget pastinya, dia stress berat! Temen dan keluarganya kasih support dia untuk bangkit. Sampai akhirnya dia berhasil menciptakan lagu itu, lagu tentang perasaan dia. Niatnya Lagu itu akan dipentaskan pas perpisahan sekolah. Tapi sayangnya.., Gaby memilih ketemu sama pacarnya (di alam baqa), dia dikabarkan gantung diri! Itu terjadi di Tahun 2007 kemaren. Nah, setelah itu menyebarlah lagu-lagunya. Dan ada yang bilang, setelah ngedengerin lagu itu banyak yang didatangi cewek cantik alias hantunya Gaby.

Versi 3

Dia tuh aslinya anak Bali. dia bikin lirik itu sendiri. Karena dia ditinggal oleh kekasihnya yang meninggal dulu. Pertama ceritanya, Gaby tuh mahasiswa salah satu universitas di Yogya. Kejadian itu terjadi di Bali, kampung halamannya. Kejadian ini berlangsung tanggal 11 Januari 2008 pada malam hari, waktu itu Gaby sama temannya naik mobil kijang panter, dia lagi mau jalan-jalan gitu deh.

Ternyata waktu dalam perjalanan, dia melihat sang kekasih lagi sama cewek lain, lalu dia teriak manggil kekasihnya itu, dan kekasihnya tau kalo Gaby mergokin lagi selingkuh. Ternyata disana ada simpang jalan, dsitu pacar Gaby mninggal kecelakaan, karena nggak bisa nguasain kendaraannya.

Dua hari kmudian Gaby diberitahu bahwa pacarnya telah meninggal karena kecelakaan. Setelah mendengar kabar itu Gaby nggak pernah keluar dari kamar. Dia ngurung diri disana. sambil nangis Gaby bikin lagu yang kini telah menyebar. Setelah itu, malam harinya dia dibujuk untuk keluar kamar oleh temannya ternyata dia mau. Dia diajak ke sebuah cafe di Bali. disitu dia coba untuk nyanyi kan lagu buatannya tadi. Tapi sebelum nyanyi, dia minum obat yang punya dosis tinggi, dia minum semua obat tadi tanpa sepengetahuan temannya. Setelah minum Gaby naik ke atas panggung, lalu nyanyi. Setelah itu Gaby jatuh dari bangku yg didudukinnya, lalu dia sekarat dalam keadaan memegang gitar. Dia dilarikan ke rumah sakit, ternyata dia meninggal di jalan. Jadi Gaby nggak jadi dibawah ke rumah sakit .

Versi 4

Lagu ini dibuat oleh seorang vokalis dari band Caramel (Stikom Bali) yang bernama Ega. Dia ditinggalkan oleh pacarnya dan dia tidak kuat menahannya, sehingga putus asa dan menyanyikan lagu ini di depan teman-temannya, sebelum dia bunuh diri ke esokan harinya.

Di lagu versi ini ternyata terdapat pesan khusus. Katanya lagunya itu gak sampai habis alias rekamannya kepotong. Di lagu versi ini pula ternyata terdapat secreet word-nya yang hanya terdengar bila lagu itu direverse….tapi setelah di-reverse (diputar terbalik) terdengar kata-kata yang muncul sebagai berikut:

“Ku ingin memiliki nafasmu jikalau aku mati
Bisakah Aku memiliki nafasmu jikalau aku mati”

Apa iya?? "Katanya sich..Masalah penilaiannya, saya serahkan sepenuhnya pada para pendengar aja dach... Dan supaya nggak penasaran juga, ini lirik lagu dalam versi lengkapnya :

Pendapat Saya

Menurut saya berasal dari mana lagu ini, ciptaan siapa itu tidak penting. Kalau dilihat dari versi-versi di atas yang mana ya yang benar? Buktinya apa? Ga tau ah gelap. Pusing.. Capek dech.. Apakah cerita itu karangan belaka yang ga tau kebenarannya (hoax) atau bukan kita gat au. Jadi kalau pencipta lagu tidak ingin namanya tertulis atau terpopulerkan mungkin sang pencipta hanya ingin mempopulerkan lagunya. Ada pesan khusus dari yang menciptakan lagunya, seolah-olah walaupun namanya tidak tercatat, namun lagunya tetap dikenang oleh siapa saja. Bagi yang ingin mendengarkannya bisa didownload dari link situs di bawah ini. Selamat menikmati !.

Nih lyricsnya plus chordnya :

Judul : Jauh
Penyanyi : Ega

Pencipta : Caramel - Ega

G D Em Bm
Pernah ada rasa cinta

C G Am D

Antara kita kini tinggal kenangan

G D

Ingin kulupakan

Em Bm

Semua tentang dirimu

C G Am D G

Namun tak lagi kan seperti dirimu oh bintangku


Reff :

G d Em Bm
Jauh kau pergi meninggalkan diriku
C G Am D
Disini aku merindukan dirimu

G D Em Bm

Kini ku coba mencari penggantimu

C G Am D G
Namun tak lagi kan seperti dirimu oh kekasih

Ini link untuk download lagunya (bias pilih yang mana suka) :

mp3....
http://www.sharekingdom.com/download/1037/LAguTakBerjudul.rar/fileatau http://www.indonesiaindonesia.com/attachments/download/582d1204849457-ega-caramel-truelovestorry-rip-caramel-egha.zip http://rapidshare.com/files/81724426/love_story_of_stikom.zip http://manismadu.com/-/files/love_story_of_stikom.zip http://www.sharekingdom.com/file.php?action=download&userid=780&file=love%20story%20of%20stikom%20bali.mp3

Reverse...
http://rapidshare.com/files/81890106/love_story_of_stikom_bali_reverse.mp3


Versi pianonya...
http://www.mediafire.com/?8bgxgsodm3m http://www.4shared.com/file/50312580/c6f55767/Caramel_-Jauh_kau_pergi__tinggal_kenangan_.html?s=1

3gp + versi gitar nya..(katanya asli sich)
http://www.4shared.com/file/52809166/a125385b/gaby-jauh.html?s=1


2 comments:

watisa193 said...

Jadi Ngeri... Tapi kemaren baca di Internet (lupa di mana gitu) kok Gaby yang asli masih hidup. Jalan sama Roy Suryo malah...!!!

Ga tau deh...

handout said...

terimakasih sudah berbagi
semoga sukses selalu..
kunjungi saya di..
BLOG SAYA
lirik juga..
REPOSITORY