Sunday, April 27, 2008

FERRARI MASIH YANG TERCEPAT


Nonton Jet Darat? Wah sepertinya senang sekali, seperti yang kemarin saya saksikan langsung dari televisi di acara salah satu televisi swasta. Tim Kuda jingkrak kembali memenangkan GP. Rupaya balap kali ini masih didominasi oleh tim ini. Kedua pembalap Ferrari Kimi Raikkonen dan Felipe Massa berhasil memenangkan kembali Grand Pix Formula 1 yang diselenggarakan di Sirkuit Catalunya, Barcelona , Spanyol, Minggu 27 April 2008. Balapan ini dimenangkan oleh Kimi sebagai pole position dan diikuti oleh rekan setimnya Felipe Masa yang memimpin balapan dari awal hingga akhir dengan baik.

Keberhasilan ini membawa Kimi Raikkonen meraih poin 29 di peringkat pertama klasemen. The Iceman menunjukkan kelasnya sebagai juara dunia. Memulai start dengan mulus, pembalap asal Finlandia itu pun tak terkejar hingga akhir balapan bahkan dari rekan setimnya sekalipun, Felipe Massa, yang terus setia berada di belakangnya hingga akhir race.

Sementara itu pembalap milik McLaren Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil finis di posisi tiga meskipun start dari posisi yang tak terlalu menguntungkan yakni posisi lima dan membuat peringkatnya naik ke peringkat dua klasemen sementara dengan mengumpulkan poin 20. Sedangkan di tempat keempat menjadi milik driver BMW, Robert Kubica, yang diikuti pembalap Red Bull, Mark Webber, yang menghuni posisi lima. Adapun pembalap tuan rumah, Fernando Alonso, terpaksa gagal finis setelah mobilnya mengalami kerusakan. Pun begitu dengan rekannya, Nelson Piquet Jr, sehingga Renault pun tak gagal mendapat satu poin pun pada race kali ini.

Jalannya Balapan

Kimi Raikkonen memulai balapan dengan sempurna. Start dari posisi terdepan, ia berhasil mempertahankan peringkat satu hingga tikungan pertama. Sementara Fernando Alonso yang sempat duel one on one dengannya terpaksa harus merosot ke pringkat tiga selepas tikungan pertama. Sedangkan Felipe Massa berhasil mengkudeta kedudukan Alonso. Rekan setim Raikkonen yang start dari posisi tiga itu berhasil merangsek naik satu peringkat dan membuat duo Ferrari berada di posisi satu-dua selepas tikungan pertama. Sedangkan Lewis Hamilton berhasil naik dari posisi lima ke posisi empat.

Baru dua lap race berjalan bendera kuning sudah harus dikibarkan menyusul tabrakan yang melibatkan Adrian Sutil dan Sebastian Vettel. Mobil Sutil yang melintir di tengah trek tak sengaja menghantam mobil Vettel yang tengah melaju. Akibatnya safety car pun masuk ke dalam lintasan. Selepas safety car kembali masuk pit posisi Raikkonen di tempat terdepan tetap tak berubah. Berturut-turut berada di belakangnya adalah Massa, Alonso, Hamilton, dan Robert Kubica.

Insiden kembali terjadi di lap kedelapan. Mobil Nelson Piquet Jr tak sengaja menyenggol jet darat milik Sebastien Bourdais sehingga menyebabkan keduanya melintir keluar trek. Piquet out, sementara Bourdais terpaksa harus masuk pit untuk mengganti sayap depannya. Namun, pada akhirnya Bourdais tetap tak bisa melanjutkan balapan karena ternyata ada masalah lain pada mobilnya.

Raikkonen mencetak fastest lap pertamanya pada lap ke-11 dengan catatan waktu 1:22,000. Jarak dengan Massa yang setia menguntitnya pun melebar hingga tiga detik. Sementara itu Anthony Davidson menjadi pembalap selanjutnya yang harus mengakhir balapan. Posisi Hamilton naik ke peringkat tiga usai Alonso memutuskan mengisi bahan bakar dan masuk pit pada lap ke-18. Menghabiskan hampir 9,3 detik di pit stop, posisi pembalap asal Spanyol itu pun melorot ke peringkat 11 sekembalinya ke lintasan.

Dua lap berselang giliran Massa yang masuk pit untuk mengisi bahan bakar disusul Raikkonen satu lap berikutnya. Akibatnya Hamilton kini menjadi pemimpin lomba untuk sementara. Tetapi pada lap 21 Hamilton masuk ke dalam pit diikuti oleh Kubica di belakangnya.

Pada lap 23 safety car kembali masuk ke dalam trek setelah mobil Heikki Kovalainen yang meluncur keluar trek (akibat pecah ban) akhirnya menabrak barisan ban pengaman di pinggir gravel trap. Posisi lima besar setelah lap 23: Raikkonen, Massa, Hamilton, Kubica, Nick Heidfeld. Posisi Heidfeld sendiri sebenarnya tidak aman karena ia masuk pit ketika safety car berada di lintasan dan pasti akan dikenai drive-through penalty.

Lap ke-27 sayap depan milik Rubens Barichello terlihat lepas dan menggantung di depan mobilnya. Beruntung bagi Barichello, ia tal mengalami kecelakaan akibat masalah ini. Pembalap asal Brasil itu harus masuk pit satu lap kemudian untuk mendapat sayap depan baru.

Alonso harus mengakhiri balapannya pada lap 35. Pembalap tuan rumah itu mengalami kerusakan pada mobil R28 miliknya sehingga harus puas untuk tidak finis. Ini berarti Renault tidak lagi memiliki pembalap di dalam lintasan dan dipastikan tidak akan mendapat poin pada balapan kali ini.

Posisi lima besar setelah lap 38: Raikkonen, Massa, Hamilton, Kubica, Mark Webber. Pada lap ini keunggulan Raikkonen dari Massa kembali melebar hingga 3,4 detik. Raikkonen masuk lap untuk kedua kalinya pada lap 48 setelah Massa masuk pit satu lap sebelumnya. Sementara Hamilton masuk pit pada lap 51, selepas keluar pit pembalap asal Inggris ini kembali ke posisi tiga di belakang Massa.

Hingga akhir balapan posisi Raikkonen di peringkat pertama tetap tak tergoyahkan. Menyusul di belakangnya adalah Massa dan Hamilton. Sementara Kubica yang tampil impresif di Bahrain harus puas berada di peringkat empat.


Alonso Hanya Incar Posisi Tujuh

Meski menempati posisi kedua, Fernando Alonso tetap tak yakin dirinya akan mampu finis di posisi tiga besar. Pembalap asal Spanyol itu malah menyebut peringkat tujuh adalah hal yang realistis untuknya.

Usai kualifikasi yang berlangsung semalam, Alonso yang dari tiga seri sebelumnya baru mengumpulkan enam poin kini berpeluang untuk menambah pundi-pundi angkanya di Barcelona. Setelah tampil cukup baik di free parctice II, juara dunia dua kali itu akhirnya menempati grid kedua usai sesi kualifikasi.

Namun demikian, Alonso tetap menolak dirinya disebut favorit. Sampai saat ini dirinya belum mau bicara masalah podium. "Saya pikir posisi tujuh adalah tetap tujuan saya," ujarnya seperti dilansir Eurosport. "Saya pikir itu hasil yang bagus, tetapi kami harus tetap tenang dan tahu bahwa kami tak bisa membuat langkah besar dalam setiap race."



Pole Milik Kimi Raikkonen Pada Saat Kualifikasi

Dengan catatan waktu satu menit 21,813 detik, Raikkonen pun berhak memulai balapan kualifikasi di urutan terdepan. Alonso, yang tampil di kandangnya sendiri, harus puas di tempat kedua. Rekan setim Raikkonen, Felipe Massa, menempati urutan ketiga walaupun sempat merebut pole sementara di awal-awal sesi kualifikasi ketiga.

Di sesi kualifikasi dua pembalap Ferari masuk posisi tiga besar dengan Kimi Raikkonen sebagai pemilik pole position. Capaian tersebut didapat Raikkonen di menit terakhir aksinya di sesi kualifikasi, Sabtu (26/4/2008). Juara bertahan ini menggagalkan laju jagoan Renault, Fernando Alonso, yang nyaris menuai pole pertamanya di musim ini.

Sementara itu McLaren tidak cukup kencang untuk meladeni "si kuda jingkrak". Lewis Hamilton dan Heikki Kovalainen bahkan masih kalah dari Robert Kubica (BMW) dan hanya berada di urutan lima dan enam.

Hasil Lomba :
1. Kimi Raikkonen-Ferrari
2. Felipe Massa-Ferrari
3. Lewis Hamilton-McLaren
4. Robert Kubica-BMW
5. Mark Webber-Red Bull
6. Jenson Button-Honda
7. Kazuki Nakajima-Williams
8. Jarno Trulli-Toyota

Klasemen Pembalap :
1 Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari 29
2 Lewis Hamilton (Inggris) McLaren Mercedes 20
3 Robert Kubica (Polandia) BMW Sauber 19

Klasemen Konstruktor :
1 Ferrari 47
2 BMW Sauber 35
3 McLaren Mercedes 34

Sumber : www.detiksport.com, http://dwipratama52.blogspot.com/



No comments: